Anime Comments Pictures

Superman

Selasa, 19 November 2013

Review buku Peradan II karya Larry Gonick (seikhlasnya)

saya bukan seorang penikmat atau maniak komik. namun, saat masuk kelas Cak Budhi yang menyarankan untuk membaca buku yang berjudul Peradaban karya Larry Gonick, menjadikan saya penasaran. seperti apa buku yang direkomendasikan oleh dosen langsung. akhirnya setelah pencarian yang cukup panjang dan melelahkan, saya mendapatkan buku "Kartun Riwayat Peradaban" karya Larry Gonick yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) tahun 2006. judul aslinya ialah "The Cartoon History of the Universe". tapi dari ketiga buku seri Peradaban, saya baru membaca buku ke duanya.

Judul          : Kartun Riwayat Peradaban Dari Berseminya Cina Hingga Rontoknya Romawi
Judul Asli   : The Cartoon History Of The Universe II
Penulis       : Larry Gonick
Penerjemah: Frans Kowa, Damaring Tyas Wulandari Palar
Halaman    : VII + 308
ISBN 13   : 978-979-91-0054-2 

Larry Gonick merupakan lulusan jurusan Matematika dari Harvard College dengan hasil Summa Cum Laude, namun pada kenyataannya ia menjadi seorang kartunis handal. tidak hanya buku mengenai peradaban, sebelumnya telah terbit buku-buku karya Larry Gonick seperti "Kartun Fisika", "Kartun Biologi", dan yang lainnya. meski menjadi seorang kartunis, latar belakang yang serius menjadikan hasil karya Larry Gonick lekat dengan  daftar pustaka dan referensi yang terpercaya.

tidak hanya menyajikan kartun yang edukatif, namun Larry Gonick juga berhasil menyajikan kartun yang kritis dan berisi. meski terkadang, Larry Gonick menyisipi adegan-adegan yang mengundang gelak tawa. seperti untuk mengantarkan pembaca, Larry Gonick menggambarkan seorang Professor yang berambut acak-acakan dan siap mengatarkan ke petualangan di buku tersebut.

walaupun bersifat kartun, buku ini tidak dianjurkan untuk anak-anak, dikarenakan di dalamnya banyak adegan kekerasan, pembantaian, pembunuhan, permusuhan antar saudara, dan yang lainnya. 

buku ini dapat menjadi solusi, untuk mereka yang menjadikan pelajaran sejarah sebagai momok yang sangat menakutkan. karena ternyata Larry Gonick berhasil mengemas sejarah dengan baik dengan menjadikannya sebagai komik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar